Siapa sih yang
nggak kenal "low cost airline" terbaik dunia,
Air Asia. Pasti kamu tau kan? Salah satu
brand maskapai yang mendunia yang sangat familiar dan di kenal banyak orang. Apalagi kalau maskapai ini sering kasih promo kursi gratis kan? Haha, gue pun selalu menantikan promo itu setiap tahun :p
 |
suasana control room maskapai air asia indonesia (Dok. pribadi) |
Nah, belum lama ini gue sangat beruntung bisa di undang langsung oleh Air Asia Indonesia untuk main-main ke markas besar nya dan lihat langsung proses bisnis maskapai ini dari hulu ke hilir, melihat bagaimana "all star" (sebutan pegawai internal) melayani konsumen, bahkan proses penanganan bagasi, boarding, penjualan tiket, dan masih banyak lagi.
Blusukan di Airport
Kebetulan
gue jadi bagian 13 peserta yang di pilih dari lintas profesi untuk bisa bergabung di kegiatan ini. Semua peserta berkumpul di terminal 2 keberangkatan Bandara Soekarno Hatta, dimana terminal tersebut adalah pintu masuk pelayanan penumpang
Air Asia Indonesia dari Jakarta.
 |
Gudangnya bagasi tertinggal (Dok. pribadi) |
Untuk bisa masuk ke
airport, semua peserta di bekali akses
airport selama 1 hari tentunya dengan foto pribadi masing-masing, ya mirip protokol negara lah ya, wkwk. Peserta pun di minta menandatangani komitmen untuk tidak membuat kegaduhan selama kunjungan di dalam
airport.
Setelah itu, peserta di bawa untuk melihat proses check in penumpang. Di sini gue bisa lihat langsung gimana proses check in dan antrian calon penumpang di lakukan, bahkan gue bisa kasih masukan loh terhadap layanannya. Nah, peserta juga di ajak ke boarding room, tempat tunggu penumpamg sebelum keberangkatan dan beralih ke pintu kedatangan penumpang.
Peserta juga di ajak ke satu ruangan yang cukup familiar
lost baggage, kamu yang pernah kehilangan bagasi atau tertinggal bagasi, pasti kamu laporan ke sini kan. Banyak informasi yang juga
gue baru tau, ternyata banyak juga penumpang-penumpang pesawat yang lupa sama bagasinya atau tertinggal bagasinya. Nah, buat kamu yang merasa kehilangan bagasi juga maskapai menyediakan kompensasi nya
loh, mungkin juga ini berlaku di seluruh maskapai ya. Bahkan, kamu yang habis berpergian dari luar negeri dan membutuhkan waktu menunggu bagasimu datang dan atas dasar kesalahan maskapainya, mereka juga menyediakan kompensasi yang cukup tinggi.
Ke Markas Besar Air Asia Indonesia
Nah, setelah 90 menit berkeliling di
airport saatnya peserta di ajak untuk mengunjungi markas besar Air Asia Indonesia yang bernama "Red House Air Asia". Di sini peserta di ajak untuk berkeliling semua bagian di kantor ini, di mulai
control room, ruang pelatihan
cabin crew, tempat istirahat, ruang dandan
cabin crew,
gym room, studio musik,
cafetaria, dan masih banyak lagi.
 |
naik shuttle dari airport menuju red house Air Asia Indonesia (Dok.) |
Tak di sangka, setelah
office tour kami di fasilitasi sesi
workshop bersama Air Asia Global untuk mengetahui pandangan konsumen terhadap Air Asia. Bahkan di sesi ini, kami di pertemukan langsung oleh jajaran direksi Air Asia Indonesia untuk menyampaikan langsung masukkan, saran, dan arah perbaikan layanan setelah
gue bersama peserta lainnya belajar ke semua lini proses.
 |
360 workshop with Air Asia Global |
 |
berpose bersama dengan jajaran board of directors & division head air asia indonesia |
 |
serius nyimak nih gaes ceritanya, wkwk |
Dari belajar seharian di markas Air Asia,
gue juga banyak belajar soal layanan, membangun kultur organisasi, dan membangun
mindset untuk berorientasi terhadap hasil / output.
So, senang dengan
insight yang di dapat di tambah 12 teman baru yang solid dan
humble.
 |
teman-teman yang solid (dok) |
Bangkok,
i'm coming! *yang udah tau diem aje ye, wkwk
Thank you so much for the post you do. I like your post and all you share with us is up to date and quite informative, i would like to bookmark the page so i can come here again to read you, as you have done a wonderful job. mainqiu.asia
ReplyDeletewelcome. See you soon :)
Delete