Main ke Markas Besar Air Asia Indonesia

Siapa sih yang nggak kenal "low cost airline" terbaik dunia, Air Asia. Pasti kamu tau kan? Salah satu brand maskapai yang mendunia yang sangat familiar dan di kenal banyak orang. Apalagi kalau maskapai ini sering kasih promo kursi gratis kan? Haha, gue pun selalu menantikan promo itu setiap tahun :p

suasana control room maskapai air asia indonesia (Dok. pribadi)
Nah, belum lama ini gue sangat beruntung bisa di undang langsung oleh Air Asia Indonesia untuk main-main ke markas besar nya dan lihat langsung proses bisnis maskapai ini dari hulu ke hilir, melihat bagaimana "all star" (sebutan pegawai internal) melayani konsumen, bahkan proses penanganan bagasi, boarding, penjualan tiket, dan masih banyak lagi. 

Blusukan di Airport

Kebetulan gue jadi bagian 13 peserta yang di pilih dari lintas profesi untuk bisa bergabung di kegiatan ini. Semua peserta berkumpul di terminal 2 keberangkatan Bandara Soekarno Hatta, dimana terminal tersebut adalah pintu masuk pelayanan penumpang Air Asia Indonesia dari Jakarta.



Gudangnya bagasi tertinggal (Dok. pribadi)
Untuk bisa masuk ke airport, semua peserta di bekali akses airport selama 1 hari tentunya dengan foto pribadi masing-masing, ya mirip protokol negara lah ya, wkwk. Peserta pun di minta menandatangani komitmen untuk tidak membuat kegaduhan selama kunjungan di dalam airport

Setelah itu, peserta di bawa untuk melihat proses check in penumpang. Di sini gue bisa lihat langsung gimana proses check in dan antrian calon penumpang di lakukan, bahkan gue bisa kasih masukan loh terhadap layanannya. Nah, peserta juga di ajak ke boarding room, tempat tunggu penumpamg sebelum keberangkatan dan beralih ke pintu kedatangan penumpang. 

Peserta juga di ajak ke satu ruangan yang cukup familiar lost baggage, kamu yang pernah kehilangan bagasi atau tertinggal bagasi, pasti kamu laporan ke sini kan. Banyak informasi yang juga gue baru tau, ternyata banyak juga penumpang-penumpang pesawat yang lupa sama bagasinya atau tertinggal bagasinya. Nah, buat kamu yang merasa kehilangan bagasi juga maskapai menyediakan kompensasi nya loh, mungkin juga ini berlaku di seluruh maskapai ya. Bahkan, kamu yang habis berpergian dari luar negeri dan membutuhkan waktu menunggu bagasimu datang dan atas dasar kesalahan maskapainya, mereka juga menyediakan kompensasi yang cukup tinggi.

Ke Markas Besar Air Asia Indonesia

Nah, setelah 90 menit berkeliling di airport saatnya peserta di ajak untuk mengunjungi markas besar Air Asia Indonesia yang bernama "Red House Air Asia". Di sini peserta di ajak untuk berkeliling semua bagian di kantor ini, di mulai control room, ruang pelatihan cabin crew, tempat istirahat, ruang dandan cabin crew, gym room, studio musik, cafetaria, dan masih banyak lagi.

naik shuttle dari airport menuju red house Air Asia Indonesia (Dok.)

Tak di sangka, setelah office tour kami di fasilitasi sesi workshop bersama Air Asia Global untuk mengetahui pandangan konsumen terhadap Air Asia. Bahkan di sesi ini, kami di pertemukan langsung oleh jajaran direksi Air Asia Indonesia untuk menyampaikan langsung masukkan, saran, dan arah perbaikan layanan setelah gue bersama peserta lainnya belajar ke semua lini proses.

360 workshop with Air Asia Global
berpose bersama dengan jajaran board of directors & division head air asia indonesia

serius nyimak nih gaes ceritanya, wkwk
Dari belajar seharian di markas Air Asia, gue juga banyak belajar soal layanan, membangun kultur organisasi, dan membangun mindset untuk berorientasi terhadap hasil / output. So, senang dengan insight yang di dapat di tambah 12 teman baru yang solid dan humble.

teman-teman yang solid (dok)

Bangkok, i'm coming! *yang udah tau diem aje ye, wkwk


0 Response to "Main ke Markas Besar Air Asia Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel