Jelajah Pesona Sumatera Barat

Siapa yang nggak kenal sama provinsi satu ini? Gue yakin, suka kan sama nasi padang? Masakan khas yang mesti makan berkali-kali dan nggak pernah bosan untuk datang ke Provinsi ini.

Secara geografis, Provinsi Sumatera Barat ini berbatasan dengan empat provinsi lainnya yaitu Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu. Sumatera Barat juga merupakan rumah bagi etnis Minangkabau, jangan heran kalau atap-atap rumah / atap bangunan di provinsi ini berbentuk trapesium yang menyerupai tanduk Banteng, banyak juga yang menganggap bentuk atap seperti itu terinspirasi dari perjuangan nenek moyang yang seorang pelaut, sehingga berbentuk seperti perahu terbalik, semua kembali pada sejarah budaya. 

Desa Terindah Nagari Tuo Pariangan (Dok. Pribadi)
Gue bersyukur punya bini asal Padang, jadi irit kalau pas gue lagi kepengen banget nasi padang, wkwk. Anyway, udah lama nggak nulis di blog gue ini karena nggak sempet-sempet mulu, jadilah baru di akhir bulan ini sesuai dengan isi kantong (pas gajian), apa hubungannya coba? Hahha, lebih tepatnya nyawa untuk isi konten blog belum ngumpul :p

Kebetulan pas dengan judul postingan baru gue ini, Oktober lalu gue berkesempatan jalan-jalan ke Sumatera Barat yang sebelumnya gue belum pernah  kunjungi.

Ternyata, Sumatera Barat punya pesona alam yang luar biasa selain makanan nya yang enak-enak semua, siap-siap gagal diet kalau ke sini. Gue rangkum dalam beberapa poin ya, siapa tau bisa jadi litenary mu saat berkunjung ke Sumatera Barat ya.

1.    Puncak Lawang

Puncak Lawang terletak di Kabupaten Agam Sumatera Barat, di titik ini kita bisa memandang birunya Danau Maninjau, danau yang jadi ciri khas Sumatera Barat. Tapi, pastikan cuaca turut mendukung untuk kamu bisa main di sini. Di sini juga kita bisa memotret indahnya alam dan jutaan awan yang menyelimuti seakan-akan kamu di atas langit.

pose muka pada nggak bener di puncak lawang, wkwk (dok.pribadi)

2.    Ngarai Sianok

Pemandangan alam lainnya yang menakjubkan adalah Ngarai Sianok. Pemandangan berupa lembah curam yang terletak di perbatasan Kota Bukittinggi. Lembah ini memanjang dan berkelok. Di sini kamu juga bisa memotret keindahan alam di beberapa spot yang telah di sediakan, sayangnya spot-spot yang di sediakan cukup komersil.

ngarai sianok (dok.pribadi)

3.    Lembah Harau
Kalau gue bakal susah move on untuk beranjak dari tempat ini, ya Lembah Harau. Lembah Harau adalah lembah yang terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Lokasi ini sangat menakjubkan karena alam batu granit yang menjulang tinggi dan berwarna warni dari ketinggian 100 – 500 meter, bahkan Lembah Harau juga udah terkenal di Mancanegara di sandingkan dengan Yosemite California. Selain menyajikan alam air terjun juga, di sini kamu juga akan menemukan spot ala Korea dengan latar belakang pohon yang mati (seakan winter) dan bangunan sekolah yang menyerupai bangunan tradisional Korea. Tentunya momen ini di manfaatkan masyarakat sekitar untuk menyewakan pakaian tradisional Korea, Hanbok

air terjun lembah harau yang mempesona (dok.pribadi)

4.    Nagari Tuo Pariangan
Tahukah kamu? Jika salah satu desa terindah di Dunia ada di tanah Minang? Media travel USA menobatkan Nagari Tuo Pariangan menjadi salah satu desa paling indah di Dunia yang di sejajarkan dengan Desa Wengen di Swiss dan Desa Eze di Prancis. Di sini kamu bisa menemukan kearifan lokal, bangunan yang masih tradisional, dan yang menjadi icon adalah masjid terbesar yang berusia ratusan tahun, Masjid Ishlah.

5.    Jam Gadang

Siapa yang nggak kenal sama Jam Gadang? Ya, menara jam ini jadi landmark Sumatera Barat yang terletak di pusat Kota Bukittinggi. Menara jam ini memiliki jam dengan ukuran besar di empat sisinya. Dalam bahasa Minang, Jam Gadang memiliki arti jam besar. Namun saat ini, komplek Jam Gadang sedang di pugar dan di revitalisasi sehingga pengunjung tidak dapat mendekat ke monumen. Sesuai informasi, pengunjung dapat menikmati icon kebanggan Sumatera Barat lebh jelas dan lebih indah pada akhir Desember 2018.

6.    Masjid Raya Sumatera Barat
Masjid terbesar di Sumatera Barat ini terletak di Jalan Khatib Sulaiman, Padang Utara, Kota Padang Sumatera Barat. Masjid yang menjadi icon kebanggan masyarakat Padang ini menjadi wadah central bagi pusat dakwah serta pusat kegiatan Muslim terbesar di Sumatera Barat.

Masjid Raya Sumatera Barat yang Megah (Dok. Pribadi)
 7.    Istana Pagaruyung
Istana replika ini berdiri atas nama sejarah. Bangunan asli telah di bakar pada tahun 1804, di bangun kembali dan terbakar lagi di tahun 1966, diresmikan kembali pada tahun 1976, namun naas bangunan Istana Pagaruyung kembali terbakar di tahun 2007 dan didirikan kembali hingga kini menjadi daya pikat wisatawan untuk berkunjung ke sini. Selain melihat bangunan istana yang kental dengan adat Minang, pengunjung juga dapat merasakan menjadi warga Minang asli dengan menggunakan pakaian adat Minang dan mengambil momen dengan latar belakang Istana Pagaruyung

Udah mirip Datuk belum? haha (Dok.pribadi)


8.    Pulau Suwarnadwipa dan Pamutusan
Ingin menikmati gugusan pulau yang bersih, jernih, dan cocok buat snorkeling? Main ke Pulau Suwarnadwipa dan Pulau Pamutusan. Untuk mencapai lokasi, kira-kira kamu membutuhkan waktu 1 jam dari Kota Padang. Dengan menggunakan boat, kamu bisa menjangkau lokasi. Untuk tarif hopping island, tarif yang di tawarkan bermacam-macam. Mulai Rp. 250.000, kamu bisa berkeliling di  3 gugusan pulau : Swarnadwipa, Pamutusan, dan Pasumpahan. Selain bisa main-main di pantai, harga itu udah termasuk snorkeling, makan siang, dan main banana boat loh.  





9.    Makan dan Jajananan Khas Sumatera Barat
Soal makanan, Sumatera Barat punya segudang variasi masakan yang enak-enak semua. Mau sate padang asli? Ada Sate Mang Duang Duang dan Sate Mak Syukur, yang keduanya enak parah. Mau jajanan? Cobain martabak kubang Hayuda deh, walaupun caban nya udah ada di Jakarta sih, tapi kalau makan di Sumatera Barat pasti rasanya beda, haha. Mau keripik balado atau kepirik sanjay?, jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh Christine Hakim.



So, masih menunda waktu jelajah ke Sumatera Barat? Ayo, rencanakan liburan untuk lebih mengenali Indonesia.

4 Responses to "Jelajah Pesona Sumatera Barat"

  1. Wah, selain makanannya yang lezat, panorama sumatera barat memikat ya...sering dengarnya sih keindahan ngarai sianok. Semoga kapan2 bisa melancong ke sana. Tfs...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, makanannya sih yang ga bisa ngalahin, ehhe

      Delete
  2. ada yang kurang nih coba jagung bakar di jembatan siti nubaya dan lihat batu maling kundang hehe

    salam kenal
    http://www.kidalnarsis.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas kemarin ga sempet kesana, padahal udah nyusun litenary lengkap banget, eh tau nya ujan, wkwk

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel