Cirebon, Kota Kesultanan yang Memikat

Kalau kata orang, Cirebon itu kotanya udang. Nggak heran di beberapa kios yang menjajakan oleh-oleh, ribuan display terasi dari berbagai merek dagang bertengger. Udang menjadi salah satu bahan yang di gunakan dalam proses pembuatan terasi. Apalagi macem gue yang doyan sambel terasi, pasti nggak bakal ketinggalan kan. Selain terasi, Cirebon juga memikat wisatawan domestik maupun luar karena kearifan lokalnya dan ciri khas kesultanannya yang begitu terkenal.

belanja belanja di batik trusmi (dok.pribadi)
Nah, kali ini gue berkesempatan untuk berkunjung ke Keraton Kasepuhan. Bagi warga Cirebon, Keraton Kasepuhan adalah keraton termegah dan terawat yang menjadi kebangaan masyarakat, tentunya icon terebut memiliki nilai sejarah tinggi karena sebagai pusat penyebaran Agama Islam. Selain itu, kompleks keraton juga memiliki bangunan museum yang saat ini telah di kelola pihak swasta dan menjadi pusat edukasi masyarakat, Museum Pusaka Keraton. Untuk dapat mengunjungi museum yang letaknya di dalam kompleks keraton, pengunjung akan di tarik biaya tiket masuk kembali sebesar 25.000 / pengunjung, bahkan saking bangganya tahun ini, Keraton Kasepuhan menjadi tuan rumah untuk Festival Keraton Nusantara.

keraton kasepuhan (dok.pribadi)
Walaupun cuaca panas, Cirebon juga ternyata memiliki destinasi unik lainnya Goa Sunyaragi. Goa Sunyaragi jadi tempat favorit wisatawan untuk spot foto, bahkan beberapanya instagramable banget cuy. Selain itu, latar belakang dari tempat ini adalah gunung ciremai, nuansa yang bener-bener pas buat berfoto ria dan menyusuri luasnya area Goa Sunyaragi yang diperkirakan mencapai 15 hektar.

goa sunyaragi cirebon (dok.pribadi)
Udah lelah keliling kesana kemari? rasanya belum pas kalau belum mampir ke empal gentong H. Apud dan bawa buah tangan batik trusmi ya guys. Buat kamu yang belum pernah ke Cirebon, saat ini akses menuju Cirebon gampang banget, kamu bisa menggunakan akses tol Cipali yang memudahkan kamu sampai cirebon lebih cepat atau naik kereta yang nyaman selama 3 jam perjalanan dari Jakarta menuju Cirebon. Happy travelling!

0 Response to "Cirebon, Kota Kesultanan yang Memikat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel