Bertemu Beruang Madu ‘Baloo’ di Balikpapan

Kamu yang udah tonton film ‘The Jungle Book' pasti kenal dong dengan karakter ‘Baloo’ si Beruang madu yang super duper malas yang konyol itu yang bersahabat dengan Mowgli? Ya, akhirnya gue bertemu dengan si manis itu di Balikpapan. Tepat di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) yang terletak di KM 23 jalan raya Balikpapan-Samarinda yang memiliki lahan konservasi Beruang Madu atau yang dikenal dengan nama ilmiah ‘Helatctos Malaynus’yang merupakan salah satu satwa yang dilindungi di dunia. Enclosure beruang madu yang di miliki di kawasan terebut di rancang menyerupai habitat aslinya dengan menempati lahan seluas 1,3 Ha. KWPLH  ini memiliki 7 ekor beruang madu yang kesemuanya merupakan beruang yang pernah ditangkap dan dikomersilkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

baloo & mowgli wanna be (dok.pribadi)

Uniknya di Balikpapan beruang madu menjadi maskot kota. Kenapa? Karena beruang madu salah satu satwa asli kalimantan dan beberapa populasinya masih bertahan hidup degan komunitas kecilnya di Hutan Lindung Sungai Wain. Sayangnya, saat kunjungan saya di Balikpapan kemarin lokasi Sungai Wain masih di tutup untuk umum lantaran dalam proses strelisasi pasca peristiwa meninggalnya wisatawan karena terkaman buaya.  

enclosure beruang madu (dok.pribadi)

KWPLH yang didirikan di Kota Balikpapan terlihat di dukung oleh puluhan donor yang terdiri dari pemerintah hingga lembaga asing yang turut mendukung pelestarian lingkungan khususnya penyelamatan hewan langka. Kamu yang tertarik berkunjung dan menyapa 7 ekor beruang madu yang lucu-lucu, kamu bisa kepoin www.beruangmadu.org untuk informasi detailnya. Perlu di catat, untuk bisa bertegur sapa dengan 7 beruang madu tesebut kamu harus berkunjung jam 9 pagi atau jam 3 sore. Di luar jam itu 7 beruang madu yang ada kompak bener serempak bobo ganteng (seperti yang gue alami :p)

pose bobo ganteng beruang madu (dok.pribadi)

Anyway, Balikpapan juga menyimpan beberapa destinasi menarik, mau tahu? Ini dia selengkapnya :

1. Café Pinggir Pantai

cafe pinggir pantai (dok.pribadi)
Anak muda yang hobi nge-gaul dan nongkrong, bisa banget dateng ke tempat ini. Tepat di pusat kota Balikpapan dan tidak jauh dari Taman Bekapai, deretan café menarik berjejer sepanjang garis pantai. Secara kasat mata, landscape jejeran café mirip seperti Jimbaran Bali loh. Berbagai café kebanyakan menyajikan makanan dan hidangan olahan laut dengan harga yang terjangkau dan tidak menguras dompet, pokoknya cozy abis.

2.  Pasar Kebun Sayur

di jejeran kain batik muriah meriah (dok.pribadi)
Nah, buat yang cari batik dengan motif khas Kalimantan disini tempatnya. Beragam kios hadir dan sangat menarik mata. Semua jajaran display kios rasanya ingin garuk semua, haha. Nggak heran, kalau Pasar Kebun Sayur di gandrungi Ibu-Ibu yang hobi belanja (Eh..bapak-bapak dan anak muda juga nggak ketinggalan sih :p) bayangkan aja, kain batik selucu dan seimut ini cukup dengan 50.000 dapat 2 meter cuy. Menarik kan? Nah, buat kamu yang maniak batu alam, di pasar ini juga menyediakan berbagai aksesoris batu alam sebut aja batu akik :p

3. Lamin Etam Ambors

geli-geli bersama 'fish therapy' (dok.pribadi)

Destinasi ini terbilang baru dan masih dalam tahap pengembangan, di tempat ini berjejer wahana outbound dan tempat rekreasi bagi wisatawan. Pengunjung di minta membayar 20.000 sebagai tiket masuk. Tapi, kalau kamu bagian dari keluarga TNI maupun Polri konon ada pemotongan diskon loh. Di dalamnya, kamu bisa menjumpai beberapa hewan yang dikandangkan seperti beruk, kera, dan beberapa hewan mamalia lainnya. Kalau cape kamu juga bisa menikmati kegeliaan di bagian kaki, kenapa? Karena tersedia kolam ‘fish therapy’ yang bisa di nikmati secara gratis.

4. Pantai Kemala

selfie mode on (dok.pribadi)
Ini dia kawasan wisata murah meriah, kamu hanya di minta kocek seribu rupiah untuk bisa masuk ke wisata ini. Mau main pasir pantai? Mau berenang? Ngelamun? Atau sekedar cuci mata? Siapa tahu ada yang kecantol atau ketemu ‘mermaid’ mungkin, Pantai Kemala bisa menjadi solusi buat kamu untuk dikunjungin. Pasirnya juga lembut, hanya saja suasana nya cukup rame pas lagi sesi liburan kaya minggu ini.

5. Kepiting Dandito

menarik & bikin lapar kan? (dok.tripadvisor)
Setelah jalan-jalan kesana kemari, waktunya makan! Karena Balikpapan termasuk kota yang dekat dengan laut, pastinya hidangan seafood disini menarik perhatian wisatawan, khusunya olahan kepiting. Kepiting Dandito adalah rumah makan yang dinantikan untuk dinikmati. Disini berbagai menu, bisa kita pilih sesuai selera. Contohnya kepiting, terdapat 3 jenis kepiting yang bisa kita pilih : Kepiting Soka, Kepiting Biasa, ataupun Kepiting Super. Harga yang ditawarkan dimulai dari 160 ribu – 250 ribu, namun porsi yang disajikan cukup besar, jadi sebanding dengan harga yang dikeluarkan untuk makan sama-sama.

Semoga sedikit ulasan ini membuat kamu tertarik berkunjung ke Balikpapan ya, safe a trip guys.


 

1 Response to "Bertemu Beruang Madu ‘Baloo’ di Balikpapan"

  1. yah beruang boongan kirain beruang beneran. mas jangan kebanyakan makan kepiting nanti penyakit rematiknya kambuh :)
    http://www.obatmaagkronisampuh.web.id/obat-flu-tulang-tradisional/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel