Lari 'Run Strides' Perpaduan Langkah Kecepatan

Program Chubby Runner Coaching League (Churcol) bersama Allianz Indonesia di Stadion PTIK Kebayoran Jakarta pada beberapa waktu lalu dihadiri oleh puluhan peserta bersama pelatih Rusy Laksono yang begitu antusias untuk berlari bersama serta mendapatkan tips khusus cara berlari yang nyaman. Di setiap pekannya, program ini selalu memberikan pengetahuan baru bagi pelari pemula yang diharapkan dapat dijadikan suatu cara dan kebiasaan baru yang positif untuk mengajak orang lain hidup sehat dengan berlari.  


Kegiatan yang diawali dengan pemanasan lari mengelilingi 3 putaran selama 10 menit di arena stadion yang juga di kombinasikan dengan latihan strength dynamic sebagai gerakan awal mengikuti latihan inti. Setelahnya, dilatihan sesi keempat ini pelatih memberikan arahan kepada peserta untuk menikmati lari di stadion dengan durasi 35 menit tanpa henti. Kira-kira bagaimana ya tipsnya supaya pelari bisa bertahan lama berlari tanpa henti selama 35 menit? pelatih memperkenalkan teknik berlari yang mengkombinasikan antara kecepatan dan langkah kaki yang dinamakan Run Strides


Sebagai simulasi, mula-mula pelari berlari seperti kecepatan jogging, selang 2 menit setelahnya tempo langkah kaki di buka lebih lebar hingga ke sisi stadion lainnya, di selang langkah jogging lagi dan seterusnya. Hal ini dimaksudkan agar pelari tidak menguras tenaga yang berlebih seperti lari sprint. Sprint dan Run Strides ini tentu berbeda, karena dengan teknik kombinasi langkah / Run Strides membuat tenaga kita lebih lama tersimpan. Jika saat race, tentu harapannya dapat mencapai garis finish dengan cepat dan stamina yang masih prima.

Selain ini, beberapa peserta pun melakukan konsultasi dengan pelatih seperti teknik bernapas saat lari yang nyaman. Menurut Rusy, teknik bernapas setiap individu berbeda-beda namun baginya teknik bernapas yang membuat nyaman adalah dengan mengambil udara melalui mulut dan hidung secara bersamaan begitupun dengan menghembuskannya. Tips lainnya adalah membiarkan posisi mulut terbuka agar sirkulasi udara cepat bekerja dan membuat lari lebih nyaman. Sesi latihan ini pun ditutup dengan peregangan. 

Chubby Runners Coaching League - #1ygterpenting #guepeduli

Artikel ini juga dapat dibaca di web Allianz Indonesia :

http://www.allianz.co.id/community-detail/program-lari-bersama-allianz-indonesia---churcol-sesi-1_4148_1


1 Response to "Lari 'Run Strides' Perpaduan Langkah Kecepatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel