Karawitan Asli Indonesia, Lestarikan Yuk !

Konser Karawitan Muda Indonesia ke-6 (dok. pribadi)
Menjamurnya grup band, boy band, maupun girl band di Indonesia, tak menyurutkan pemuda-pemuda Indonesia dalam melestarikan kebudayaan yang dimiliki bangsa ini. Terbukti dengan penampilan mereka di acara Konser Karawitan Muda Indonesia yang digelar kemarin (21/11) bertempat di Usmar Ismail Hall, Kuningan Jakarta. Acara yang di gagas oleh Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Direktorat Pembinaan Keseniaan dan Perfilman, serta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berhasil memukau ratusan undangan yang hadir di acara ini. Alhamdulillah, gue dapat kesempatan untuk menyaksikan pertunjukkan seni karawitan ini. Bagi gue pribadi, momen inilah yang cocok untuk mengkampanyekan kepada kawula muda Indonesia, bahwa saatnya kita care terhadap budaya Indonesia.

FYI sob, acara ini udah yang keenam kalinya diselenggarakan loh. Di tahun ini, diikuti oleh 6 peserta yang berasal dari berbagai daerah Indonesia, diantaranya : Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Sumedang (Jawa Barat), dan Bali. Pasti zoners bingung, apa sih Karawatitan? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) karawitan adalah seni suara daerah baik vokal maupun instrumental yang mempunyai perkembangan dari daerahnya sendiri. Nah, jenis Karawitan sendiri terbagi tiga nih sob. Ada yang namanya karawitan sekar, karawitan gending, dan karawitan sekar gending. Karawitan sekar lebih mengutamakan unsur vokal / suara manusia, karawitan gending lebih mengutamakan unsur instrumental (alat musik), dan karawitan sekar gending adalah kesenian yang menggabungkan vokal dan instrumental. Baru tau kan? gue pun baru tau nih sob. ^.^



Tim karawitan Sumedang (dok pribadi)
Acara tersebut dibuka dengan aksi penampilan dari karawitan Makasar. Tim Makasar membawakan karawitan dengan komposisi musik Mappadengdang. Mappadengdang ini umumnya dilakukan untuk upacara tertentu seperti pernikahan dan panen padi. Bagi gue, tim ini sangat rapi memaninkan seni karawitan, Good Job!. Berbeda halnya dengan tim Kalimantan Timur, selain piawai memainkan alat musik sampek (alat musik petik khas suku Dayak) dipercantik dengan gerakan gemulai loh, apalagi saat undangan dikejutkan dengan teriakan mereka (Khas suiku Dayak) pada loncat dan pegang dada semua, hhe. Ada lagi satu-satunya karawitan yang bikin hawa ruangan menjadi mistis, kesenian tersebut dibawakan oleh tim karawitan Sumedang. Kenapa bisa gitu? tiba-tiba ruangan semerbak bau kemenyan..serem kan -_- ternyata tradisi ini digunakan dalam upacara ritual untuk menghormati Dewi Sri (Dewi Padi). Tapi yang mengesankan adalah saat tim mereka masuk ke kursi penonton sambil menarik kain untuk mengajak joget bersama di atas panggung..fantastic !

Sebagai penutup acara tim karawitan Bali yang sangat memukau penonton. Selain bermain gamelan Bali, mereka memadukan permainan alat instrumental dengan gerakan-gerakan yang sangat kompak. Apalagi satu-satunya tim yang terdapat anak usia SD, kecil-kecil aja udah bisa melestarikan budaya Indonesia, harusnya kita yang udah pada bangkotan ini harus bisa action lebih dari itu, agar budaya Indonesia tidak lagi 'diculik' bangsa lain.

0 Response to "Karawitan Asli Indonesia, Lestarikan Yuk ! "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel