THE HUNGER GAMES : PERTARUNGAN SENGIT MEMPERTAHANKAN DIRI



Film-film berbau action, mulai banyak digemari oleh masyarakat akhir-akhir ini pasca boomingnya film ‘The Raid’. Tak ketinggalan, satu film ini berhasil menyedot perhatian masyarkat dunia dengan prestasi nya menempati peringkat pertama box office Amerika Serikat. Film yang diadapatasi dari novel karya Suzanne Collin dengan judul yang sama ‘The Hunger Games’ berhasil membuat saya penasaran untuk menonton film ini. Film yang dibintangi oleh Jennifer Shrader sebagai pemeran utama yang memerankan Katniss Everdeen bermain dengan ciamik, seperti apa ceritanya? Simak yuk ^.^

CERITA  
Sebuah tradisi di negara Panem (dulu namanya Amerika Serikat) satu-satunya wilayah yang selamat akibat bencana besar. Di Panem, terdiri atas 12 distrik yang memiliki sumber daya alam yang berbeda yang dikuasai oleh pemerintahan pusat (capitol). Keadaan masyarakat distrik sangat berbeda dengan keadaan masyarakat capitol, kemiskinan dan kelaparan menjadi situasi umum di wilayah ini. Sampai-sampai urusan logistik dan makanan pun diatur oleh pemerintahan. Terkadang, masyarakat sana terpaksa untuk berburu hewan di hutan. Ini yang di alami juga oleh Katniss. Kepandaiannya dalam memanah sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan makanan keluarganya. Berburu hewan, menjadi aktifitas yang ia lakukan setiap stok makanan dirumahnya habis.


Tiap tahunnya, masyarakat distrik harap-harap cemas, takut akan namanya terpilih mewakili distriknya untuk berjuang bertarung di arena Hunger Games. Ya, Hunger Games adalah satu tradisi negara yang tiap tahunnya diselenggrakan dan disiarkan langsung oleh stasiun TV secara live. Kaya acara-acara Reality Show gitu deh, hhehe. Konstestannya pun dipilih random yang dilakukan dimasing-masing distrik. Di distrik 12, semua masyarakat berkumpul di halaman kota. Mereka semua berkumpul untuk menanti siapakah yang terpilih untuk bermain di arena hunger games. Alhasil, terpilihlah Primose (adik nya katniss). Tapi, katniss tidak rela adiknya bertaruh nyawa di arena hunger games, lantaran usianya yang masih 12 tahun. Akhirnya katniss, menawarkan dirinya untuk ditukar dengan adiknya. Selain katniss, peeta terpilih untuk mewakili distrik 12.

Masing-masing distrik, harus mengirimkan 2 perwakilannya untuk datang ke capitol.
Demi adiknya dan masyarakat distrik 12, katniss membulatkan niatnya dan berjuang untuk berangkat ke capitol. Salut deh sama yang buat ceritanya, kota capitol sangat modern dan paling lucu sama masayarakat kota capitol yang dresscode nya bertemakan colorful dan berdandan seperti lady gaga tampil di atas panggung, loh :D. 24 Kontestan berkumpul, kalau di acara big brother disebut housemate kalau di hunger games disebut Tribute. Perfoma mereka juga harus memikat masyarakat karena akan berpengaruh dengan bantuan sponsor. Keren kan acaranya !! hhaaa.

Peraturan diarena hunger games, kontestan harus mampu bertahan hidup didalam hutan. Kontestan yang mampu bertahan hidup adalah pemenangnya. Konstestan pun dihalalkan untuk membunuh kontestan lain, demi memenangkan pertandingan ini. Semua konstestan pun dibekali pelatihan dan mengasah kemampuan pertarungan mereka. Setting dan latar film ini juga keren, bisa dibilang film ini fiction & action.

Seluruh arena hunger games, dipasang CCTV canggih dan teknologi canggih, sehingga semua masyarakat bisa menonton acara ini secara live dan dapat mengetahui aktifitas tribute di arena. Baru beberapa menit acara berlangsung, konstestan sudah saling bunuh. Bunyi meriam pun di pendengarkan, tanda konstestan mati bertumpah darah, tersisa 12 konstestan lagi.

Sayangnya, katniss hanya mengambil satu buah ransel yang isinya hanya tempat minum, tali, dan pisau, ia tidak ambil busur panah sebagai senjata dan kehandalannya. Apakah katniss mampu bertahan dan memenangkan pertandingan ini demi adiknya dan distrik nya?? Di tonton yahh :D


PENILAIAN
Tepok tangan buat seluruh crew film yang berhasil memukau penonton dengan alur filmnya, walaupun agak sedikit kurang keren dengan ending ceritanya. Padahal film ini mampu membangun emosional penonton loh. Film ini juga membawa pesan bagi penontonnya. Sutradara dan sang penulis berusaha menyampaikan pesan bahwa perang dan pertarungan adalah bukan solusi utama dalam memecahkan suatu permasalahan. Film ini juga sebenarnya mengkritik situasi saat ini, dimana masyarakat perkotaan (mengaku beradab, bermoral, dan berpendidikan tinggi) namun menikmati kesenjangan sosial yang dijadikan sebuah tontonan. Situasi ini juga dialami oleh negara kita, kan?? :D.

SCORE THIS MOVIE : 8/10
RECOMMENDED !!

0 Response to "THE HUNGER GAMES : PERTARUNGAN SENGIT MEMPERTAHANKAN DIRI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel